Selamat kepada Juara 1 dan pemenang lainnya

Hasil karya para peserta yang telah terpilih menjadi 15 besar pemenang Lomba Karya Musik Anak Komunitas dapat dilihat di Youtube Kemenparekraf

Ayo terus dukung Karya Musik Anak komunitas Indonesia !

Juara 1

Logo Komunitas
Jember Nusantara

LINKRAFIN - LINGKAR KREATIF INDEPENDEN

0:00
/

JAWA TIMUR - JEMBER

Deskripsi

Jember Nusantara merupakan lagu tradisional kontemporer yang menggambarkan Jember sebagai bagian dari khasanah wilayah eksotis berupa lembah di timur pulau Jawa. Budaya percampuran Jawa-Madura dan multi etnis di Jember juga menjadi ilustrasi yang dikolaborasikan dalam bait Kejhung (seni bernyanyi kuno khas Madura) dan bait sinden Jawa yang dirangkum didalamnya. Selain menggunakan alat musik patrol (kentongan bambu musik khas Jember), instrumen yang mewakili wajah nusantara di Jember dipadukan dengan alat musik khas daerah lain sebagai bentuk persahabatan bunyi berupa gitar sape kalimantan, seruling sunda dan gamelan jawa tengah. Tanpa meninggalkan ke-khas-annya melalui dominasi musik patrol, Jember Nusantara adalah karya yang menggambarkan Jember sebagai wilayah yang didalamnya berbaur ragam suku, bahasa dan budaya.

bg top left bg right

Juara 2

Logo Komunitas
ONO NIHA LE

WALK ON WATER COMMUNITY

0:00
/

SUMATERA UTARA - KOTA GUNUNGSITOLI

Deskripsi

Lagu ini menceritakan mengenai masyarakat pulau Nias yang memiliki beragam marga yang berada di daerah atau lokasi yang berbeda-beda pula dimana setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing baik dari adat istiadat, kesenian, tarian, dialek, dan ditambah lagi setiap daerah memiliki keindahan alam yang menjadi daya tarik serta ciri khas masing-masing daerah sehingga membuat pulau Nias dan isinya layaknya miniatur dari NKRI jika dilihat dari keberagaman yang ada.

Juara 3

Logo Komunitas
1 Hati Nusa Bangsa

Cendrawasih Team

0:00
/

PAPUA - KOTA JAYAPURA

Deskripsi

Lagu Ini Menceritakan kecintaan kami terhadap bangsa Indonesia yang sangat beragam yang kami lihat dari Papua.

Juara Harapan

Juara Harapan 1

Logo Komunitas
Paser Bekerai

#_up(kres_ap)kreasi seni anak paser

0:00
/

KALIMANTAN TIMUR - PASER

Paser Bekerai

#_up(kres_ap)kreasi seni anak paser

Lagu Berasal Dan Berbahasa Daerah Dari Kab. Paser, Kalimantan Timur Bertemakan Tentang Mengajak Masyarakat Untuk Selalu Menjaga Kelestarian Alam dan Menjunjung Tinggi Nilai Budaya. Vocal : Riyalita Pencipta Lagu : Hendra Wijaya Penata Musik : Hendra Wijaya Session Player : Member Kreasi Seni Anak Paser (#UP)

Juara Harapan 2

Logo Komunitas
Persembahan Semesta

Musisi Kulon Progo

0:00
/

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA - KULON PROGO

Persembahan Semesta

Musisi Kulon Progo

Lagu ini menggambarkan tentang keindahan dan kekayaan alam dan budaya Indonesia sebagai hadiah sang pencipta dan persembahan termegah semesta yang menjadi magnet dunia disektor pariwisata. Kami rangkum dalam lagu “Persembahan Semesta”.

line background line background line background blue background alat musik

Juara Umum

Juara Harapan 6

Logo Komunitas
TOBA

Seraphiim Music

0:00
/

SUMATERA UTARA - KOTA MEDAN

TOBA

Seraphiim Music

Lagu 'TOBA' terlahir dari sebuah keinginan besar untuk pulang dan mengabdi bagi tanah kelahiran. Menceritakan betapa indahnya panorama Danau Toba beserta kawasan di sekitarnya yang merupakan anugerah terbesar yang Tuhan berikan kepada penduduk yang bermukim di sekitarnya. Lagu ini juga menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi yang ada di masyarakat yang direpresentasikan melalui alat-alat musik tradisional yang digunakan dalam proses penggarapan lagu. Secara singkat, lagu ini juga berisi ajakan bagi generasi muda untuk mulai memberi diri membangun tanah kelahiran dan memberitakan pada dunia betapa luar biasanya TOBA.

Juara Harapan 7

Logo Komunitas
Nusantara

Proxima

0:00
/

SUMATERA UTARA - KOTA MEDAN

Nusantara

Proxima

Lagu ini berjudul Nusantara. Lagu Nusantara ini mengajak kita untuk menikmati Indonesia. Lebih peka kepada alam Indonesia, lebih menyadari bahwa keindahan di Indonesia ini sangatlah sempurna. Indonesia adalah rumah kita. Indonesia adalah kita. Tidak ada alasan untuk mengatakan Indonesia tidak indah. Tidak ada alasan untuk mengatakan Indonesia masih dalam kategori cukup. Semua kan kau temui di Indonesia. Keberagaman, Keindahan, Keharmonisan, semua dibalut dalam Nusantara.

Juara Harapan 8

Logo Komunitas
Indonesia (Dalam Dua Bait)

Komunitas Gamelan Mutihan

0:00
/

JAWA TENGAH - KOTA SURAKARTA

Indonesia (Dalam Dua Bait)

Komunitas Gamelan Mutihan

Lagu ini adalah upaya untuk memaknai Indonesia secara sederhana. Bahwa ada tanah dan air yang menyatu di dalam diri; menjadi cinta dan sebuah janji setia untuk Ibu Pertiwi. Dikemas dengan melibatkan beberapa instrumen dan unsur musik dari bebrapa daerah dengan tujuan untuk mencitrakan keindahan dan keragaman budaya Nusantara.

Juara Harapan 9

Logo Komunitas
Indonesia Petak Danum Kuh

Ngabecu

0:00
/

KALIMANTAN TENGAH - KOTA PALANGKARAYA

Indonesia Petak Danum Kuh

Ngabecu

Lagu “Indonesia Petak Danum Kuh” (Indonesia Tanah Air Ku) diciptakan oleh kelompok Ngabecu, sebuah komunitas yang mendalami kebudayaan serta musik tradisional suku Dayak Katingan di sepanjang Sungai Katingan, Kalimantan tengah. Lagu ini bercerita tentang perjalanan untuk mencari kembali arti berbangsa dan bernegara, terutama dalam satu tatanan kecil masyarakat sekitar Sungai Katingan di Kalimantan Tengah yang merepresentasikan Nusantara, sehingga dapat maju bersama-sama menjaga tanah air Indonesia. Lirik lagu ini menggunakan bahasa suku Dayak yang bermukim di sepanjang sungai Katingan, yaitu Katingan Ngawa, Katingan Beteng, Katingan Ngawa, Ngaju, Ut Danum, serta diselingi Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu. Nama “Ngabecu” berasal dari tiga kata dalam dialek suku Dayak Katingan, yaitu “NGawa” (hilir), “BEteng” (tengah), dan “NgaCU” (hulu) yang secara tidak langsung menggambarkan tatanan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kami berharap lagu “Indonesia Petak Danum kuh” dapat membakar semangat berbangsa dan bernegara sehingga kebudayaan seluruh masyarakat adat di Indonesia dapat diwariskan kepada generasi anak-cucu mereka kelak.

Juara Harapan 10

Logo Komunitas
PEPILING

Gamelan Mben Surup

0:00
/

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA - KOTA YOGYAKARTA

PEPILING

Gamelan Mben Surup

Lagu ini menceritakan tentang jalan hidup manusia sebagaimana makhluk Tuhan untuk selalu bertawakkal, hidup sederhana, jangan takut melangkah dan berusaha karena hidup didunia hanya sebentar. Akan tetapi jangan sampai berlebihan mengikuti nafsu sehingga memunculkan sikap gengsi dan serakah sehingga kelak akan mendapat balasan murka dari Tuhan. Maka dari itu dengan bersujud/ sembahyang kepada Tuhan menjadi cara manusia agar selalu bersyukur dalam menjalani hidup.

Juara Harapan 11

Logo Komunitas
KITA INDONESIA

Samudra Art Production

0:00
/

KEPULAUAN RIAU - KOTA TANJUNG PINANG

KITA INDONESIA

Samudra Art Production

DESKRIPSI LAGU “KITA INDONESIA” Latar Belakang Lagu ini terinspirasi dari keadaan Indonesia yang merupakan daerah maritim yang memiliki potensi kekayaan dan keindahan alam.Perbedaan suku,bahasa,bahkan adat budaya yang terdapat di ribuan pulau Indonesia bukanlah suatu hal yang menjadikan persekatan dan pembatasan ,karena sejatinya itu merupakan aset kekayaan yang tidak dimiliki oleh Negara lain , sebagai anak bangsa berkewajiban penuh untuk bangga dan menjaga aset bangsa tersebut ,menjunjung Bhinneka Tunggal Ika,memberantas hoax dengan semangat merah putih serta menghiasinya dengan kreatifitas dan karya .Karena sejatinya KITA adalah sama satu INDONESIA. Komposisi Lagu ini dirampungkan berangkat dari Lirik yang berlatar belakang oleh fenomena tersebut diatas dengan di hiasi lantunan syair/nandung dan pantun khas daerah Melayu pesisir Kepulauan Riau ,hal ini sangat berkaitan dengan konsep lagu yang menggambarkan Indonesia sebagai daerah Maritim, Selain itu lagu ini juga menggunakan Ritem musik tradisional Kepulauan Riau “Inai dan zapin”melayu.Tradisi Inai sangat dominan dengan tabuhan gendang panjang yang memiliki filosofi Ombak/gelombang dalam tone colournya,dan tiupan serunai/nafiri merupakan lambang kejayaan ,serta gong yang merupakan symbol nyawa(ruh) dalam music tersebut.Selain itu gong juga mmempunyai filosofi pemersatu bangsa ,karena hampir seluruh daerah di Indonesa music tradisionalnya menggunakan Gong. Disampaing itu terdapat alat music melodic seperti Biola dalam lagu ini dimainkan dengan technic GRenek ciri khas cengkok biola melayu Kepulauan Riau .Juga petikan Gambus Selodang yang merupakan alat tradisi zapin serta pengaplikasian acordeon sebagai layer harmoni . Dalam lagu ini ,Syair,nandung,pantun serta Ritem music tradisional Kepulauan Riau diatas kami kemas kedalam satu kesatuan lagu yang menekankan lirik universal berbahasa persatuan Indonesia dan diramu dengan kombinasi music pop/modern tanpa menghilangkan benang merah tradisional tersebut .

Juara Harapan 12

Logo Komunitas
Japin Panting

Pancawarna

0:00
/

KALIMANTAN SELATAN - KOTA BANJARMASIN

Japin Panting

Pancawarna

Musik Panting adalah kesenian musik asli dari Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Alat musik utama dalam musik Panting adalah alat musik petik yang disebut panting. Panting dimainkan bersama dengan suling, biola, kendang, kempul, gong, marawis, ketipung dan tamborin. Musik Panting termasuk dalam musik jenis kordofon dengan tangga nada diatonik. Musik Panting selalu dimainkan pada saat Tari Japin ditampilkan. Di lagu ini kami mencoba mengangkat sebuah lagu bertajuk Japin Panting yang bercerita mengenai tarian tradisional Kalimantan Selatan. Tarian tradisional ini seringkali ditampilkan pada acara-acara budaya, sehingga menginspirasi kami untuk membuat lagu dengan judul tersebut. Salah satu budaya yang sering dilakukan masyarakat Kalimantan Selatan adalah berbalas pantun, sehingga lirik pada lagu ini pun menggunakan format syair pantun. Di mana pada bait 1 dan 2 terdiri dari sampiran, sementara pada bait ke 3 dan 4 berisi nasihat.

Juara Harapan 13

Logo Komunitas
SENANDUNG MAHAMERU

Sanggar Karawitan Jatayu Krida

0:00
/

JAWA TIMUR - LUMAJANG

SENANDUNG MAHAMERU

Sanggar Karawitan Jatayu Krida

Lagu Senandung Mahameru menggambarkan ketakjuban atas ciptaan agung Mahameru sekaligus sebuah penghambaan dalam berdoa untuk memohon keselamatan pada-Nya.Tak dapat dipungkiri keindahan dan keagungan Gunung Semeru begitu luar biasa hingga memberikan kesan mendalam bagi siapapun yang singgah. Puncak Gunung Semeru yang dikenal dengan nama Mahameru memiliki makna dalam bagi umat Hindu yang memujanya dan meyakini sebagai persemayaman para dewa. Kehidupan masyarakat di kawasan Gunung Semeru banyak dihuni masyarakat Suku Tengger yang memiliki kearifan lokal yang kuat terhadap alam dan budayanya. “Hong Ulun Basuki Langgeng, Langgeng Basuki” adalah salam bagi masyarakat Tengger yang memiliki makna semoga kita seantiasa diberi keselamatan selamanya atas karunia Tuhan.

Juara Harapan 14

Logo Komunitas
Sungguh Indah Indonesia

Sedalanen Etnik

0:00
/

SUMATERA UTARA - KOTA MEDAN

Sungguh Indah Indonesia

Sedalanen Etnik

Sebuah karya sederhana yang kami dedikasikan untuk tanah air tercinta Indonesia yang kaya akan Ke Indahan Alam dan Ragam Budayanya. Disini kami mengkolaborasikan ritme musik tradisional dan musik modren, kita menggunakan alat musik Tradisional Karo - Sumatera Utara - Kabupaten Karo yakni : KULCAPI (alatmusikpetik) Sarune (alatmusiktiup) Gendang 5 sendalanen Singanaki,Singindungi,Penganak,Gong (Perkusi) dengan tambahan ornamen Keyboard strings. Dan Tak lupa kita berterimakasih kepada sang pencipta sudah memberikan nafas kehidupan di tanah Nusantara beragam multi Etnis yang rukun rakyatnya bersatu. Karya ini baru kami ciptakan untuk ikut serta dalam lomba cipta lagu Nusantara. Semoga pendengar bisa masuk dalam imajinasi kita dan bisa menikmati setiap alunannya. Salam Nusantara Salam Budaya Salam Mejuah - juah dari Sumatera Utara - Medan - Tanah Karo

Juara Harapan 15

Logo Komunitas
PACANTEL

kelompok kunstmachy.art labs

0:00
/

JAWA BARAT - KOTA BANDUNG

PACANTEL

kelompok kunstmachy.art labs

Pacantel diambil dari bahasa Sunda, menyimbolkan persatuan dan perdamaian. Indonesia yang kaya akan ragam adat dan budaya menjadi pilar untuk menggapai kesatuan dan nilai-nilai nasionalisme. Terus berlari, meraih mimpi-mimpi untuk prestasi yang bermanfaat untuk negeri.